KRITERIA
KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )
SD NEGERI
SUMBERPITU
Tahun
Pelajaran 2012 / 2013
A.
|
MATA PELAJARAN UMUM
|
K
E L A
S
|
KET.
S K L
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|||
1.
|
Pendidikan
Agama
|
65
|
65
|
68
|
71
|
71
|
72
|
(65) ?*
|
2.
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
62
|
65
|
67
|
70
|
71
|
72
|
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
65
|
65
|
66
|
67
|
68
|
68
|
4,40
|
4.
|
Matematika
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
4,25
|
5.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
62
|
62
|
63
|
65
|
66
|
66
|
4,25
|
6.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
63
|
64
|
65
|
66
|
66
|
66
|
|
7.
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
60
|
60
|
62
|
63
|
65
|
65
|
|
8.
|
Pend. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
65
|
67
|
70
|
70
|
73
|
75
|
|
B.
|
Mata Pelajaran
MUATAN LOKAL
|
|||||||
1.
Bahasa Jawa (Provinsi)
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
||
2.
Tembang Jawa (Kabupaten)
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
||
3.
Tataboga (Pilihn Sekolah)
|
60
|
60
|
60
|
|||||
4.
..........
|
||||||||
C.
|
PENGEMBANGAN DIRI
|
|||||||
P r a m u k a
|
||||||||
J u m l a h
|
12,90
|
KKM (Krriteria Ketuntatasan Minimum) merupakan kriteria acuan dasar dalam menetapkan seberapa besar tingkat capaian hasil belajar suatu mata pelajaran secara utuh pada satu satuan waktu dari sebuah proses pembelajaran (misal : semester atau tahunan).
KKM sekaligus juga menjadi cermin dan tolak ukur terhadap tingkat kemampuan dan keberhasilan Guru sebagai educator, fasilitator, motivator dan mediator pembelajaran. Bagi Siswa, dengan mengetahui dan memahami KKM tersebut diharapkan dapat memotivasi potensi diri terhadap ukuran hasil belajar yang seyogyanya memungkinkannya untuk menguasai bahkan melampauinya.
SKL (Standar Kriteria Lulusan) merupakan batasan minimal bagi peserta Ujian (UN / USBN /US) yang harus dilampaui untuk dapat dikategorikan Lulus Ujian. (*Ketentuan Lulus dari Satuan Pendidikan sebgaimana diatur dalam POS-BSNP).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar